Laman

Jumat, 10 Juni 2011

10 Tempat Menyelam Terbaik di Dunia

Sekitar 2/3 permukaan bumi ini adalah lautan. Tentu saja laut memiliki kekayaan dan keindahan tersendiri. Untuk menikmati keindahan alam laut tersebut, kita dapat melakukannya dengan cara menyelam. Nah, beberapa tempat menyelam di dunia memiliki keindahan yang tak terduga. Apa saja tempat menyelam atau diving spot terbaik di dunia. Berikut adalah 10 diving spot terbaik di dunia versi blog saya.

10) Kepulauan Similan, Thailand
Kepulauan Similan terletak di Laut Andaman bagian barat dan dapat dikatakan sebagai diving spot terbaik di Thailand, dan salah satu yang terbaik di dunia. Kepulauan ini terdiri atas 9 pulau tropis dengan pantai pasir putih. Terdapat dua bagian diving spot di kepulauan ini, yaitu bagian Barat dan Timur. Bagian timur memberikan pemandangan terumbu karang yang indah, sedangkan bagian barat memberikan pemandangan batu-batu granit yang diselimuti oleh banyak bunga karang. Beberapa biota laut yang sering muncul di tempat ini adalah triggerfish, pari ekor sapi, dan binatang-binatang pasir.

9) Maladewa, Maladewa
Negara kepulauan yang terletak di Samudera Hindia ini juga merupakan salah satu diving spot terbaik di dunia. Negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama Islam ini menawarkan keindahan alam laut yang tak terlupakan. Beberapa biota laut yang langka dapat ditemui disini seperti parrot fish, sweetlips, barakuda, bunga-bunga karang yang berwarna-warni, dan beberapa hewan invertebrata. Untuk lebih jelas menikmati keindahan laut di sini, pemerintah setempat membangun sebuah restoran yang terletak di bawah laut.

8) Kepulauan Cocos, Kosta Rika
Kepulauan Cocos terletak sekitar 300 mil dari garis pantai Kosta Rika. Kebanyakan pulau-pulau yang ada di kepulauan ini tidak berpenghuni dan menawarkan keindahan alam laut yang tak terduga. Kepulauan ini merupakan surga bagi para pencinta ikan hiu. Spesies ikan hiu yang dapat dilihat disini diantaranya adalah hiu paus, hiu martil, dan hiu putih. Beberapa spesies laut lain yang bisa dilihat di sini adalah ikan mantas dan tuna.

7) Sipadan, Malaysia
Terletak di pulau Kalimantan negara Malaysia, Sipadan memberikan keindahan alam laut bagi para pencinta olahraga menyelam. Banyak spesies eksotis yang dapat ditemukan di sini seperti ikan-ikan karang, penyu, dan hiu martil. Namun, Sipadan telah menjadi daerah yang dilindungi dan untuk sementara waktu beberapa resor di pulau ini ditutup. Menyelam tetap diperbolehkan di tempat ini tetapi hanya sampai 120 orang saja per hari. Jika Anda beruntung, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

6) Palau, Palau
Palau merupakan tempat diving terbaik di wilayah Mikronesia. Palau terkenal akan puing-puing kapal Perang Dunia II yang tenggelam di dasar laut ini. Dikarenakan Samudera Pasifik merupakan Samudera di dunia yang banyak terjadi perang laut, maka kita dapat dengan mudah menemukan puing-puing kapal atau pesawat yang tenggelam di dasar laut Pasifik ini. Ikan singa tinggal di sini.

5) Bunaken, Indonesia
Terletak di sebelah utara kota Manado, Sulawesi Utara, Bunaken merupakan salah satu diving spot yang paling terkenal dan terbaik di Indonesia. Waktu terbaik untuk menyelam di Bunaken adalah saat bulan April sampai November. Kita dapat melihat berbagai biota laut yang indah seperti ikan badut, marlin, tuna, dan lain-lain.

4) Great Blue Hole, Belize
Great Blue Hole telah terdaftar sebagai salah satu tempat menyelam terbaik di planet ini dan merupakan salah satu atraksi wisata terbaik bagi negara Belize. Yang unik dari The Great Blue Hole adalah terdapat kepulauan karang yang membentuk melingkar. The Great Blue Hole ini terbentuk oleh erosi pada gua-gua yang terdapat di kepulauan karang sekitar ribuan tahun lalu. Angelfish, groupers, dan neon gobbies dapat ditemukan di sini.

3) Kepulauan Galapagos, Ekuador
Kepulauan Galapagos merupakan wilayah taman nasional laut terbesar kedua di dunia, memiliki luas sekitar 70,000 km persegi. Tidak seperti diving spot lainnya, Galapagos tidak menyediakan keindahan bunga-bunga karang sebagai wisata utamanya. Tetapi, kehidupan makhluk laut merupakan atraksi utama Kepulauan Galapagos ini. Di sini, kita dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis ikan hiu seperti hiu martil dan hiu Galapagos. Tak hanya wisata air, Galapagos juga menawarkan wisata binatang-binatang udara dan darat. Sebagian ilmuwan percaya bahwa semua spesies burung yang ada di dunia berasal dari kepulauan ini.

2) Laut Merah, Mesir
Laut Merah merupakan salah satu tempat diving terbaik di dunia dan merupakan tempat diving terbaik di Timur Tengah dan Afrika. Perairan yang jernih dan keindahan biota laut adalah wisata andalan laut ini. Laut Merah merupakan rumah bagi ribuan formasi batu karang dan makhluk laut.

1) Great Barrier Reefs, Australia
Great Barrier Reefs merupakan diving spot yang paling terkenal di dunia, dan juga merupakan taman nasional laut terbesar di dunia. Lebih dari 3,000 km, Great Barrier Reefs menyimpan formasi batu karang terpanjang dan terindah di dunia. Ikan badut, paus bungkuk, lumba-lumba, dan kura-kura hijau dapat dengan mudah di temukan di sini. Great Barrier Reefs merupakan tempat menyelam terbaik di dunia.

Itulah 10 diving spot terbaik di dunia versi blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar