Laman

Jumat, 03 Juni 2011

10 Kota dengan Sistem Kereta Api Bawah Tanah Terbaik di Dunia

Banyak kota-kota besar di dunia mempunyai sistem kereta bawah tanah atau subway yang memberikan alternatif tranportasi yang nyaman untuk mencapai tujuan diseluruh penjuru kota. Pada umumnya subway merupakan transportasi paling efektif dan termurah. Tidak ada yang dapat menandingi kemampuan subway dalam mengangkut jumlah manusia dengan kecepatannya. Sementara sistem kereta bawah tanah di 160 kota-kota besar dunia sudah berdiri puluhan tahun bahkan seratus tahun lebih (London 1863), Jakarta masih dalam tahap rencana. Dibawah ini adalah 10 kota dengan sistem kereta api bawah tanah yang paling dikenal dan paling lengkap di dunia versi blog saya.

10) Hong Kong, Hong Kong
Kereta bawah tanah Hong Kong, juga dikenal sebagai Mass Transit Railway (yang diterjemahkan menjadi "kereta api bawah tanah" dalam bahasa Inggris). Didirikan pada tahun 1979. Meskipun ukurannya relatif kecil (90 km) dibandingkan subway yang lain, MTR mengangkut rata-rata 2,46 juta orang per hari. Hong Kong Subway ini didasarkan pada desain London Subway. Efisien dengan jadwal yang tepat waktu, berkapasitas tinggi, sangat terjangkau, bersih, dan sistem modern ber-AC. Menggunakan contactless (tanpa sentuh) smart card sebagai alat pembayaran tarif subway, yang memungkinkan penumpang untuk menggesek kartu mereka di dekat pintu masuk untuk memudahkan akses ke platform.
 
9) Beijing, Republik Rakyat Cina
Beijing Subway adalah sistem kereta bawah tanah yang dibuka pada tahun 1969 dan melayani wilayah Beijing dan sekitarnya. Saat ini, subway Beijing sedang dikembangkan dalam proyek USD 7.69 milyar untuk mempersiapkan Olimpiade Beijing 2008. Proyek perluasan ini diharapkan dapat memperpanjang rel kereta bawah tanah dari 114 km saat ini menjadi 482 km. Cukup mudah mengikuti navigasi kereta bawah tanah (terutama jika Anda adalah orang asing). Murah untuk sebagian besar perjalanan. Arsitektur yang menarik pada jalur kereta bawah tanah yang baru. 

8) Montreal, Kanada
Montreal Metro adalah sistem subway modern yang diresmikan pada tahun 1966. Termasuk kecil (37,8 kilometer mencapai 65 stasiun dalam empat baris) tetapi unik dan sistem subwaynya terinspirasi oleh Paris Metro. Membawa sekitar 1 juta penumpang per hari. Beragam gaya arsitektur yang indah di setiap stasiunnya dengan seni yang unik (masing-masing stasiun dirancang oleh arsitek yang berbeda) merupakan salah satu ciri dari Montreal Metro. Pengalaman perjalanan yang menyenangkan (halus, kereta berjalan di permukaan karet untuk mengurangi derit kereta api), cukup nyaman dengan jadwal yang tepat waktu.

7) Madrid, Spanyol
Madrid Metro adalah salah satu sistem kereta api bawah tanah terbesar di Eropa dan di dunia. Sampai akhir tahun 2009, Madrid Metro mencapai 288 km (termasuk 27,5 km tambahan), mempunyai 231 stasiun dan 12 rel. Madrid Metro adalah jaringan kereta paling padat di dunia. Sangat bersih dan menerapkan sistem kebersihan ekologis. Cepat dan harga  terjangkau. Stasiun  modern dan mengalami kemajuan besar dalam sistem ekspansi (47 mil dari garis kereta bawah tanah yang baru dibangun antara 1999 dan 2003).  

6) Seoul, Korea Selatan
Seoul Metropolitan Subway merupakan salah satu sistem kereta bawah tanah yang paling banyak digunakan di dunia dengan lebih dari 8 juta penumpang seminggu. Ini juga merupakan salah satu sistem kereta bawah tanah terbesar di seluruh dunia, menjalankan 179,4 miles atau 288 km, 70% kereta bawah tanah dan 30% dari sistem di atas tanah.
Arsitektur yang indah, pertumbuhan sistem telah luar biasa selama beberapa tahun, dan menggunakan T-money, kartu prabayar untuk transportasi di seluruh kota.

5) Paris, Prancis
Sistem kereta bawah tanah Paris adalah sistem subway kedua tertua di dunia (sistem awalnya selesai pada 1900) dan mentransport sekitar 4,5 juta orang per hari. Total panjang rel lebih dari 133,7 kilometer dan berhenti di 380 stasiun, serta memiliki jangkauan besar ke seluruh penjuru kota. Tidak ada bangunan atau lokasi yang lebih jauh dari 500 m ke stasiun.  Banyak stasiun dirancang dengan khas gaya seni nouveau yang unik, plus tarif Paris Metro cukup sederhana. 
4) New York City, Amerika Serikat
New York City subway adalah salah satu sistem tranportasi publik yang paling lengkap di dunia. Telah tumbuh dari 28 stasiun ketika didirikan pada bulan Oktober stasiun 1904 menjadi 462 stasiun saat ini. Kereta bawah tanah ini membawa 4,9 juta orang setiap harinya. Sistem subway yang sangat efektif, tidak sampai 50% penduduk NY mempunyai kendaraan roda empat. Berbeda dengan subway yang lain, New York subway bekerja selama 24 jam. Banyak system subway di dunia yang berhenti pada jam 12 malam.

3) Moskow, Rusia
Sistem kereta bawah tanah Moskow membawa penumpang terbanyak dari semua subway di seluruh dunia, dengan 3,2 miliar penumpang per tahun di 12 jalur dan 172 stasiun. Secara total, panjang Moskow Metro mencakup sekitar 286 km. Pada hari kerja, rata-rata kereta bawah tanah itu sendiri membawa sekitar 8,2 juta penumpang. Walaupun sebagian besar kereta berjalan di bawah tanah, beberapa jalur melintasi jembatan dan memberikan pemandangan Sungai Moskva dan Sungai Yauza. Setidaknya 44 stasiun yang terdapat di Moskow Metro dinilai sebagai pemandangan arsitektur. Moskow Metro merupakan sistem subway tercepat di dunia (120 km/h atau 75 mph).

2) Tokyo, Jepang
Sistem kereta bawah tanah Tokyo mentransport sekitar 2,8 miliar orang per tahun atau 7,7 juta orang per hari ke 282 stasiun. Selain kereta bawah tanah, sistem transit Tokyo terdiri dari Toei Subway dan Tokyo Waterfront Mass Rapid Transit. Sangat bersih, tepat waktu, kursi dipanaskan, dan kereta api selalu berhenti di posisi yang sama sesuai marka nya. Pemberitahuan stop diumumkan dalam dua bahasa Jepang dan Inggris. Memiliki mall bawah tanah dan fasilitas pelanggan yang lengkap.

1) London, Inggris
Nah, ini dia kota dengan sistem kereta api bawah tanah terbaik di dunia. London Metro didirikan pada tahun 1863, dan merupakan sistem subway terbesar dan tertua di dunia. Meliputi 407 km dan mentransport 3 juta orang per hari. Metro ini juga terhubung ke berbagai layanan kereta ke London dan daerah sekitarnya (termasuk Eurostar ke Paris). Di antara layanan tersebut adalah Docklands Light Railway(DLR), kereta yang populer dikendalikan tanpa supir, yang menawarkan banyak pemandangan sungai Thames dan sekitarnya.

Itulah 10 kota dengan sistem kereta api bawah tanah terbaik di dunia versi blog saya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar