Laman

Kamis, 02 Juni 2011

10 Kota Termacet di Dunia

Kita terkadang beranggapan bahwa Jakarta adalah kota yang paling macet lalu lintasnya. Tapi apakah kalian tahu bahwa ternyata banyak kota yang jauh lebih macet dari Jakarta. Nah, mau tahu apa saja kota yang jauh lebih macet dari Jakarta? Berikut adalah 10 kota termacet di dunia berdasarkan survei Badan Tata Kota Negara Internasional.

10) Seoul, Korea Selatan
Ibukota dan kota terbesar Korea Selatan ini ternyata merupakan salah satu kota termacet lalu lintasnya di dunia. Tak hanya padat dan besar, kota ini juga sangat sibuk. Setelah Korea Selatan tampil sebagai negara industri baru, warga kota Seoul menjadi lebih makmur dan banyak dari mereka yang membeli mobil-mobil baru. Akhirnya, jalanan kota ini menjadi padat dan macet.

9) New York City, Amerika Serikat
Kota terbesar di Amerika ini ternyata juga masuk sebagai salah satu kota termacet di dunia. New York City terlihat selalu tidak mempunyai ruang yang cukup untuk segalanya. Gedung-gedung pencakar langit yang berimpit-impitan, dipadukan dengan macetnya lalu lintas jalanan kota ini.

8) Kota Meksiko, Meksiko
Ibukota dan kota terbesar di Meksiko ini ternyata merupakan salah satu kota termacet di dunia. Dari hari ke hari, jumlah pengendara kendaraan bermotor di kota ini nampaknya semakin bertambah. Untuk menyikapi hal ini, pemerintah setempat telah mengeluarkan peraturan spesial callendar, namun nampaknya hal ini tidak menolong.

7) Mumbai, India
Tempat kelahiran Bollywood ini juga merupakan salah satu kota termacet di dunia. Beberapa faktor yang menyebabkan kemacetan di kota ini adalah cuaca buruk, jalanan yang rusak, dan jumlah kendaraan yang tinggi. Banyak turis yang komplain mengenai kualitas udara di sana.

6) Shanghai, Republik Rakyat Cina
Kota terbesar di Cina ini merupakan salah satu kota termacet lalu lintasnya di dunia. Hal itu sangat masuk akal, karena dari tahun 1998 sampai tahun 2003 jumlah kendaraan pribadi meningkat dari 7000 kendaraan sampai 170.000 kendaraan. Itu baru tahun 2003, kalau sekarang gimana ya?

5) Moskow, Rusia
Ibukota dan kota terbesar Rusia ini merupakan salah satu kota termacet di dunia. Sehari-harinya, warga kota yang menggunakan kendaraan pribadi sebagai alat transportasi harus sabar menunggu berjam-jam di jalanan karena terjebak kemacetan. Kemacetan terparah terjadi sewaktu musim dingin dikarenakan jalanan tidak bisa digunakan karena membeku.

4) Bangkok, Thailand
Ternyata, ibukota negara tetangga kita, Thailand ini juga merupakan salah satu kota termacet di dunia. Kemacetan di kota ini jauh lebih parah dibandingkan dengan Jakarta. Pada saat kemacetan berlangsung, sepeda bisa menyeberang dan melewati jalanan yang ramai tanpa tanda peringatan, begitu pula kendaraan lain. Para turis menilai fenomena ini sebagai real chaos dari kemacetan.

3) Sao Paulo, Brasil
Kota terbesar Brasil ini merupakan kota termacet lalu lintasnya ketiga di dunia. Saking parahnya kemacetan di kota ini, tercatat pernah terjadi kemacetan sepanjang 266 km dari 835 km panjang jalan pada 9 Mei 2008. Rata-rata 1,000 mobil bertambah setiap harinya menghiasi jalanan kota yang macet dan padat.

2) Los Angeles, Amerika Serikat
Sudah menjadi rahasia umum kalau LA adalah kota yg mempunyai kemacetan yang parah. Meski sudah mempunyai banyak jalan tol, jembatan, dan rute alternatif, LA asih tetap masuk top-10 kota termacet di dunia. Setiap harinya, jumlah kendaraan bermotor di kota ini semakin bertambah.

1) Tokyo, Jepang
Nah ini dia kota termacet lalu lintasnya di dunia. Tokyo, ibukota dan kota terbesar di Jepang ini merupakan kota dengan kemacetan terparah di dunia. Meski sudah dilengkapi dengan berbagai infrastuktur modern seperti monorel dan kereta super cepat, penduduk kota Tokyo masih akrab dengan yang namanya kemacetan bagi para pengendara kendaraan pribadi. Bahkan Tokyo Traffic Control Center beroperasi 24 jam tanpa henti.

Itulah 10 kota termacet lalu lintasnya di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar